Saturday, January 07, 2017       11:22 WIB
Bagaimana Cara Mulai Berinvestasi Reksa Dana untuk Karyawan?
Bagaimana cara mulai berinvestasi reksa dana untuk karyawan? Tahukah teman-teman, ternyata cara mulai berinvestasi reksa dana tidaklah sesulit yang dibayangkan. Prosesnya pun sederhana, bisa dilakukan secara online dan tidak membutuhkan waktu lama. Kali ini kita akan bahas bersama.

Bagaimana Cara Mulai Berinvestasi Reksa Dana untuk Karyawan?
Investasi reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang paling mudah, modal paling kecil serta dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda yang bekerja sebagai karyawan. Tentu saya tidak perlu lagi bilang mengenai potensi return (dan risk) investasi reksa dana, karena Anda pasti sudah tahu. Reksa dana mampu menghasilkan keuntungan lebih tinggi dibanding dengan deposito atau investasi pada emas. Nah bagaimana cara mulai berinvestasi reksa dana?

pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang ingin mulai berinvestasi reksa dana. Jawaban singkat: jika Anda ingin mulai berinvestasi reksa dana, maka Anda perlu memiliki akun reksa dana. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk memiliki akun reksa dana, yaitu : cara konvensional dan cara online. Yuk kita bahas satu-persatu.
Cara konvensional : Anda bisa datang ke bank dan perusahaan sekuritas, mengantri, isi formulir pembukaan akun, serahkan syarat-syarat dan tunggu hingga akun ready.
Cara online : Anda cukup kunjungi halaman website untuk isi formulir, foto dan email KTP (bisa juga dikirim melalui whatsapp), tunggu beberapa waktu validasi data. Besoknya akun Anda sudah ready untuk transaksi reksa dana. Silakan coba daftar reksa dana melalui online

Apakah Membeli Reksa Dana Lewat Online Aman?
Saya ingin menjelaskan secara aturannya. Perusahaan yang menjual produk reksa dana, harus tersertifikat sebagai APERD = Agen Penjual Efek Reksa Dana. Siapa saja Aperd di Indonesia? Bisa jadi Bank, Sekuritas dan Perusahaan Financial Technology (Fintech).

Tentu saja ada untung ruginya berinvestasi reksa dana secara online. Salah satu keuntungannya adalah tidak perlu ribet untuk mulai berinvestasi. Saat ini untuk berinvestasi reksa dana hanya cukup smartphone. Kita sudah bisa mulai buka akun (termasuk tanda tangan digital), melakukan analisa reksa dana, membeli reksa dana, mengalihkan reksa dana (switching) dan menjual reksa dana. Selain itu dana kita juga langsung ditransfer ke bank custodian (sesuai yang tercantum dalam prospektus).

Tentu saja investasi reksa dana online juga memiliki kelemahan, seperti seluruh interaksi (termasuk penjelasan produk) dilakukan secara online. Jadi kita kadang-kadang bingung juga dalam proses memilih reksa dana.

Jika Anda ingin berinvestasi reksa dana dengan tanpa ribet, maka reksa dana online adalah pilihan yang tepat. Untuk informasi produk dan info mengenai reksa dana, Anda dapat mengecek dan belajar dari Finansialku

Cara Mengoptimalkan Investasi Reksa Dana
Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan investasi reksa dana Anda :

Pelajari terlebih dahulu cara kerja reksa dana.
Mulai memiliki rencana keuangan dan/atau rencana investasi. Dengan adanya rencana investasi dan/atau rencana keuangan, investasi reksadana menjadi lebih efektif. Silakan konsultasikan dengan perencana keuangan Anda

Jika Anda termasuk orang yang sibuk, gunakan juga fasilitas auto debet. Fasilitas auto debet memungkinkan Anda untuk berinvestasi secara otomatis.
Sesuaikan jenis investasi reksa dana, sesuai dengan jangka waktunya (time horizon).
Kendalikan risiko dengan beberapa cara, seperti melakukan diversifikasi investasi.

Satu Hal yang Penting : Cari yang Mudah, Tidak Ribet dan Mulai dari Sekarang
Semoga dengan penjelasan di atas, kita semua bisa memahami bahwa investasi reksa dana tidak seribet yang dibayangkan. Sekarang ini berinvestasi reksa dana semudah belanja online. Hanya cukup daftar akun investasi (dan ini gratis), kemudian setelah akun aktif kita dapat langsung membeli reksa dana. Sebagai informasi reksa dana dapat dibeli dari harga mulai Rp 100.000.

https://www.finansialku.com/bagaimana-cara-mulai-berinvestasi-reksa-dana-untuk-karyawan/





Sumber : FINANSIALKU.COM

powered by: IPOTNEWS.COM

Back To:
 Previous Page  General News