Bank Indonesia (BI) mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Juni 2022
Friday, June 24, 2022       08:48 WIB

Download PDF

Bank Indonesia (BI) mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Juni 2022. Hasilnya sesuai dengan ekspektasi pasar. Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 22-23 Juni 2022 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 3,5%.
Bank Indonesia masih melihat (suku bunga acuan) dipertahankan di 3,5% mengingat inflasi inti masih di bawah 3% serta harga Pertalite yang tidak jadi dinaikkan. Selain menahan suku bunga acuan, bank sentral juga menahan suku bunga deposit facility sebesar di level 2,75% dan suku bunga lending facility di level 4,25%. Keputusan ini sejalan dengan perlunya BI dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan tingkat inflasi.
Meskipun begitu, dalam keterangan resminya Bank Indonesia (BI) kembali memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global. Gubernur BI Perry Warjiyo memperkirakan, pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2022 hanya di kisaran 3% yoy. Ini lebih rendah dari perkiraan kami di bulan lalu yang sebesar 3,4% yoy. Yang bahkan sebenarnya, perkiraan pada bulan lalu pun sudah dipangkas dari perkiraan sebelumnya yang sebesar 3,5% yoy.
Ada tiga faktor utama yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi global tahun ini, yaitu risiko ketegangan geopolitik Rusia dan Ukraina, pengetatan kebijakan moneter Amerika Serikat (AS) dan negara maju lainnya, serta kebijakan Zero Covid-19 di China.

Sumber : IPS RESEARCH

powered by: IPOTNEWS.COM