Cara Mempersiapkan Masa Pensiun … atau Beli Rumah Dulu?
Thursday, July 04, 2019       15:19 WIB

Sobat muda. Sudah pada punya persiapan untuk hari pensiun belum? Sudah punya tabungan buat DP rumah belum? Kalau belum, jangan-jangan karena masih bingung bagaimanamau  nyiapinnya .
Salah satu cara paling tepat untuk menyiapkan masa pensiun adalah mulai berinvestasi. Yuk kita belajar bareng gimana caranya mulai mempersiapkan masa pensiun dan masa depan dengan metode ala Asanusa Asset Management:
1. Kenali Keadaan Keuangan Sekarang
Ketika sobat gajian, biasanya uang hasil jerih payah selama sebulan dipakai untuk apa saja sih? Ditabungkah? Diinvestasikan? Atau hanya sekadar lewat, langsung habis dibelanjakan? Nah, sebenarnya sebelum melakukan segala aktivitas belanja, kalian perlu tahu keadaan keuangan kalian sekarang agar bisa menyisihkan dana setidaknya 10% dari gajian kalian untuk diinvestasikan.
2. Rencanakan Kebutuhan atau Keinginan Masa Depan
Sepuluh tahun lagi kira-kira mau apa saja ya? DP mobil? DP rumah? Nikah? Nah, untuk keinginan yang seperti ini, tentu perlu rencana hidup atau target yang ingin dicapai agar bisa mulai memikirkan investasi pada instrumen yang tepat. Jangan sampai keinginan selama 10 tahun untuk bisa DP rumah, jadinya hanya cukup untuk DP motor. Semua perlu direncanakan secara realistis.
3. Kenali Risiko Kehidupan
Dalam hidup ada banyak peristiwa yang akan terjadi, baik suka maupun duka. Hal buruk yang terjadi bisa dikatakan sebagai risiko, seperti perceraian, kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen, kehilangan pekerjaan, dan lain-lainnya. Nah sebelum semua itu terjadi, ada baiknya mempersiapkan agar tujuan di masa depan bisatercapai. Persiapan yang bisa dilakukan, diantaranya dengan menyiapkan danadarurat minimal 12 bulan, menyiapkan asuransi mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, dan yang terakhir tentu saja investasi.
4. Investasi
Sekarang tentukan per tahun instrumen investasi apa yang tepat untuk dipilih. Cara mudahnya adalah dengan bertanya kepada diri sendiri, masih berapa lama lagi waktu yang ada untuk mencapai target dan juga tingkat risiko seperti apa yang bisa ditolerir. Kalau masih bingung dengan dua pertanyaan itu, pilih investasi di reksa dana dulu aja, investasi kekinian yang  gak pake ribet, gak pake capek dan gak pake  mahal!
5. Mencapai Tujuan
Nah pada akhirnya setelah kalian mulai investasi, kalian hanya perlu menikmati hasilnya. Entah untuk pensiun kah, untuk DP mobil kah atau DP rumah sekalipun. Semua ini sangat mudah terpenuhi dengan investasi di reksadana seperti Asanusa Amanah Syariah Fund besutan PT Asanusa Asset Management. Menariknya lagi, reksadana ini bisa dengan mudah didapatkan di supermarket reksadana online IPOTFUND.
 Oleh: PT. Asanusa Asset Management 

Sumber : Asanusa Asset Management    

powered by: IPOTNEWS.COM


Berita Terbaru

Saturday, Jul 20, 2019 - 17:12 WIB
Sistem Eror, Bank Mandiri Pastikan Saldo Nasabah Aman
Saturday, Jul 20, 2019 - 13:58 WIB
PT Phapros Siap Terbitkan Saham Baru
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:59 WIB
Tindak Tegas Suku Bunga Tinggi Rentenir, Pemerintah Butuh Payung Hukum Baru
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:52 WIB
Jasa Marga Terbitkan Sukuk Ijarah Perdana di Jalan Tol Senilai Rp785 Miliar
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:39 WIB
Greenback Pulih Setelah The Fed Merevisi Komentar
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:22 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 FOOD
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:18 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 MKNT
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:13 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 YELO
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:00 WIB
MDKA Raih Dana Segar Rp875 M dari Rights Issue
Saturday, Jul 20, 2019 - 09:58 WIB
Saat harga emas pecahkan rekor, belum tentu investornya sudah untung