Gaji UMR, Tapi Ingin Tabungan Meluber? Begini Caranya
Tuesday, July 09, 2019       15:32 WIB

Sebagai  fresh graduate  yang baru memasuki dunia kerja, pasti tidak bisa langsung mendapatkan gaji bulanan yang besar. Rata-rata gaji  fresh graduate  biasanya  nge-pas banget  di angka UMR atau lebih sedikit dari UMR.
Ya dimaklumi saja,  kan  masih tahap belajar bekerja. Jadi, wajar saja kalau belum mendapatkan gaji yang besar. Meskipun demikian, jangan berkecil hati.
Bagi yang gajinya masih di kisaran UMR, tetap memiliki peluang yang sama agar uangnya bisa meluber melalui aplikasi tabungan modern, begini caranya:
1. Perhatikan Gaya Hidup
Kata orang-orang hidup itu murah. Yang mahal gaya hidup.  So , kita perlu hidup sederhana saja dan tidak perlu ikut-ikutan orang lain demi gengsi. Ini pilihan yang bijaksana, misalnya ketika teman-teman selalu nongkrong di kafe tiap  weekend , kita nggak perlu ikut nongkrong setiap  weekend . Sebulan sekali cukup lah. Contoh lainnya, teman-teman gonta-ganti  smartphone , ya selama  smartphone  kita masih berfungsi dengan baik,  nggak  usah ikutan-ikutan ganti. Pada dasarnya gaya hidup memang bisa dijadikan sebagai sarana mengapresiasi hasil kerja keras, namun perlu diketahui bahwa proporsi ideal untuk membiayai gaya hidup maksimal hanya 10% dari gaji.
2. Kontrol Kebutuhan Sehari-hari
Beberapa jenis pengeluaran memang harus disediakan untuk  survive , misalnya biaya makan, transportasi, sewa kos, pulsa dan lain sebagainya. Pengeluaran maksimal untuk kebutuhan sehari-hari ini idealnya 40% dari penghasilan. Keperluan ini tentu bisa dikurangi lagi, jika bisa menghemat paket pulsa ataupun memilih makanan yang sederhana tapi tetap menyehatkan setiap harinya.
3. Waspada Nilai Cicilan Bulanan
Mungkin saja saat ini kalian sedang dalam proses mencicil kendaraan ataupun barang lain yang nilainya cukup besar yang pembeliannya melalui proses kredit. Hal ini tidak jadi masalah, asalkan nilai cicilan tiap bulannya tidak melebihi 30% dari pendapatan. Namun akan lebih baik lagi, jika nilai cicilan bulanan di bawah 20%. Jika tidak memiliki cicilan apapun, sebaiknya alokasi pengeluaran untuk cicilan ini dapat dialihkan untuk menambah tabungan dan amal.
4. Tabungan Masa Depan
Inilah pos pengeluaran yang harus diutamakan setelah menerima gaji dan membayar cicilan. Ini wajib dianggarkan, namun menyimpannya jangan asal-asalan. Pilihlah tabungan yang nilai returnnya sama atau bahkan melebihi nilai inflasi. Pilih tabungan yang memberikan imbal hasil jauh di atas tabungan konvensional, seperti Reksa Dana MNC Dana Lancar yang kini mudah dinikmati dengan aplikasi tabungan online IPOTPAY.
Dengan mengalokasikan minimal 20% pendapatan untuk ditabung setiap bulan pada Reksa Dana MNC Dana Lancar, sama artinya dengan mempersiapkan juga dana darurat. Ini dimungkinkan karena investasi reksa dana ini bersifat likuid. Dengan menabung di reksa dana, selain mempersiapkan kebutuhan masa depan, juga menyediakan dana darurat yang dapat kita gunakan saat kondisi keuangan kita benar-benar  urgent . Akan lebih baik lagi jika setiap 6 bulan sekali menaikkan jumlah tabungan bulanan sehingga akan tercipta kebiasaan positif untuk berinvestasi.
Nah, kira-kira begitulah caranya. Jika konsisten, pastinya tabungannya bisa luber walaupun gaji cuma UMR.
 Oleh: MNC Asset Management 

Sumber : MNC Asset Management

powered by: IPOTNEWS.COM


Berita Terbaru

Saturday, Jul 20, 2019 - 17:12 WIB
Sistem Eror, Bank Mandiri Pastikan Saldo Nasabah Aman
Saturday, Jul 20, 2019 - 13:58 WIB
PT Phapros Siap Terbitkan Saham Baru
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:59 WIB
Tindak Tegas Suku Bunga Tinggi Rentenir, Pemerintah Butuh Payung Hukum Baru
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:52 WIB
Jasa Marga Terbitkan Sukuk Ijarah Perdana di Jalan Tol Senilai Rp785 Miliar
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:39 WIB
Greenback Pulih Setelah The Fed Merevisi Komentar
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:22 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 FOOD
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:18 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 MKNT
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:13 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 YELO
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:00 WIB
MDKA Raih Dana Segar Rp875 M dari Rights Issue
Saturday, Jul 20, 2019 - 09:58 WIB
Saat harga emas pecahkan rekor, belum tentu investornya sudah untung