Indonesian Tobacco (ITIC) optimistis pendapatan tumbuh dobel digit tahun ini
Tuesday, December 03, 2019       16:05 WIB

JAKARTA. Produsen tembakau iris PT Indonesian Tobacco Tbk () tetap optimistis dengan target yang dicanangkan saat  go public  di tahun ini. fokus mengejar pendapatan hingga Rp 170 miliar-Rp 180 miliar di tahun ini atau tumbuh 26,38%-33,81% dibandingkan tahun sebelumnya.
Djonny Saksono, Direktur Utama mengatakan, seiring melonjaknya harga rokok, menjadi peluang positif bagi produk tembakau iris yang kenaikannya tidak sebesar rokok kemasan. Sehingga melihat beberapa perokok beralih menggunakan tembakau iris dengan alasan lebih terjangkau.
"Sementara itu sampai akhir tahun ini kalau dilihat baik Oktober dan November 2019 masih ada kenaikan omzet," ujar Djonny ditemui usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Selasa (3/12). Mengenai detilnya, belum dapat membeberkannya lebih lanjut.
Pun dengan realisasi kinerja di kuartal III 2019, Djonny bilang, laporan keuangannya masih berproses untuk diaudit. Meski demikian, sampai akhir September 2019 pertumbuhan pendapatan masih dobel digit.
Sedangkan dari sisi perolehan laba bersih, sempat mengoreksi dari target yang awalnya Rp 10,3 miliar menjadi Rp 6 miliar saja di 2019 ini. Sebab perolehan laba bersih di enam bulan pertama tahun ini masih tergolong kecil sekitar Rp 1,08 miliar.
Manajemen sebelumnya mengatakan bahwa sebenarnya laba bersih pada semester-I 2019 lebih dari Rp 5 miliar. Akan tetapi, laba bersih tersebut harus berkurang karena biaya provisi perpindahan bank dan biaya denda pembatalan perjanjian kredit sekitar Rp 4,1 miliar yang dikeluarkan pada Februari 2019.
Menurut perpindahan bank ini dilakukan karena bank yang terikat perjanjian dengan perseroan pada saat ini menawarkan bunga pinjaman yang lebih murah dengan plafon yang lebih besar. Mengenai dana  initial public offering  (IPO), Djonny menyebutkan, penyerapannya saat ini sudah mencapai 60% dari perolehan dana segar sekitar Rp 60 miliar.
Kemungkinan awal tahun dapan dapat diserap secara menyeluruh. mengungkapkan akan menggunakan seluruh dana IPO untuk pembelian daun tembakau virginia sebagai bahan baku.

Sumber : KONTAN.CO.ID

powered by: IPOTNEWS.COM

1,800
-3.2 %
-60 %

10

BidLot

1,670

OffLot