Investor Tunggu Petunjuk dari Pertemuan The Fed, Kilau Emas Memudar
Tuesday, July 27, 2021       14:40 WIB

Ipotnews - Emas melemah, Selasa, karena dolar bergerak lebih tinggi, sementara investor fokus pada pertemuan Federal Reserve pekan ini untuk petunjuk tentang kapan bank sentral mungkin mengendalikan kebijakan moneternya yang super-longgar.
Harga emas di pasar spot turun 0,1% menjadi USD1.794,68 per ounce pada pukul 13.56 WIB, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Selasa (27/7). Emas berjangka Amerika Serikat berkurang 0,3% menjadi USD1.793,60 per ounce.
Pertemuan dua hari The Fed akan dimulai Selasa, dan pernyataan kebijakan akan dirilis Rabu (28/7), pada pukul 18.00 GMT, atau Kamis (29/7) pukul 01.00 WIB, diikuti konferensi pers Chairman Jerome Powell.
Investor akan melihat bagaimana The Fed merespons inflasi yang naik dengan cepat sambil menghadapi ancaman yang meningkat akibat lonjakan kasus varian Delta virus korona yang lebih menular.
"Pasar mungkin agak meremehkan dampak buruk varian Delta terhadap pemulihan ekonomi dan memberikan alasan kepada bank sentral untuk menunda  tapering ," kata Margaret Yang, analis DailyFX.
Dalam jangka menengah, harga emas akan memiliki lebih banyak ruang untuk naik jika bank sentral terus menerapkan kebijakan moneter yang akomodatif, papar dia.
Langkah-langkah stimulus cenderung mendukung emas, yang sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang.
Sementara itu, Indeks Dolar (Indeks DXY) naik 0,1%, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.
Emas kemungkinan akan tetap  range-bound  sampai hasil pertemuan The Fed, ungkap sejumlah analis.
"Penutupan harian di bawah USD1.790,00 per ounce akan menunjukkan koreksi lebih dalam ke support penting di level USD1.750,00 per ounce," kata Jeffrey Halley, analis OANDA.
"Namun, grafik menunjukkan bahwa emas, pada kenyataannya, diam-diam berkonsolidasi pada level ini sebagai persiapan untuk dimulainya kembali tren naik jangka panjang."
Kepemilikan SPDR Gold Trust, ETF emas terbesar di dunia, turun 0,2% menjadi 1.025,64 ton pada sesi Senin, tingkat terendah sejak 13 Mei.
Logam lainnya, perak mendatar di USD25,16 per ounce, paladium turun 0,5% menjadi USD2.644,19 per ounce, dan platinum melemah 0,6% menjadi USD1.057,50 per ounce. (ef)

Sumber : Admin

powered by: IPOTNEWS.COM