Kekhawatiran Virus Korona Dorong Permintaan Safe-Haven, Emas Bersinar
Wednesday, July 21, 2021       14:38 WIB

Ipotnews - Harga emas meningkat, Rabu, karena kekhawatiran varian Delta virus korona dapat menghambat pemulihan ekonomi mendorong investor menuju aset  safe-haven,  meski dolar yang lebih kuat menahan kenaikan logam kuning itu.
Harga emas di pasar spot bertambah 0,1% menjadi USD1.812,48 per ounce pada pukul 13.45 WIB, demikian laporan  Reuters,  di Bengaluru, Rabu (21/7). Emas berjangka Amerika Serikat naik 0,1% menjadi USD1.813,70 per ounce.
"Investor Asia masih membeli emas saat terjadi penurunan sebagai permainan  safe-haven  mengingat pasar saham lokal tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Jelas pasar sekarang mulai mempertimbangkan pemulihan Asia yang lebih lambat karena Covid-19," kata Jeffrey Halley, analis OANDA.
Saham Asia berbalik melemah setelah menguat di awal sesi karena ketakutan tentang melonjaknya infeksi virus memukul sentimen risiko.
Namun, dolar, juga dianggap sebagai spekulasi yang aman, bertengger di dekat level tertinggi (year-to-date) yang baru, berpotensi memangkas selera untuk emas karena membuat logam itu lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.
"Meski emas dianggap sebagai  safe-haven,  saat ada kekhawatiran nyata tentang prospek pertumbuhan, kebijakan ke depan dan ada dorongan ke tempat yang aman, dolar AS selalu menang," kata analis IG Market, Kyle Rodda.
Kini, investor mengalihkan fokus mereka ke pertemuan Bank Sentral Eropa, Kamis, di mana pembuat kebijakan diprediksi memetakan jalur baru untuk mencerminkan perubahan dalam strategi dan menunjukkan bank itu serius mengenai menghidupkan kembali inflasi.
Harga emas spot dapat menembus support di level USD1.805 per ounce dan jatuh menuju kisaran USD1.795 hingga USD1.800, menurut analis teknikal  Reuters , Wang Tao.
Di tempat lain, perak naik 0,9% menjadi USD25,12 per ounce, setelah mencapai level terendah lebih dari tiga bulan di sesi tersebut.
"Harga perak berada di bawah tekanan didorong kekhawatiran penyebaran infeksi varian Delta virus korona akan menyebabkan pembatasan pandemi tambahan yang melemahkan aktivitas ekonomi dan permintaan logam industri," ujar Avtar Sandu, Manajer Phillip Futures.
Paladium bertambah 0,9% menjadi USD2.658,53 per ounce, dan platinum meningkat 0,6% menjadi USD1.072,33 per ounce. (ef)

Sumber : Admin

powered by: IPOTNEWS.COM