Reksa Dana untuk Sobat Muda
Thursday, April 04, 2019       14:33 WIB

Sobat Muda. Sudah pada nabung di reksa dana belum? Kalau belum, jangan-jangan karena masih bingung. Mau nabung, tapi nggak ngerti dengan pilihan jenis jenis reksa dananya.
Tak perlu khawatir. Jika Sobat Muda sudah memutuskan akan berinvestasi di reksa dana, tentu perlu mengenal karakteristik dan jenis-jenis reksa dana yang ada, supaya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, cekidot satu-persatu:
1. Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)
Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang penempatan dananya diinvestasikan seluruhnya pada surat berharga yang jatuh temponya di bawah satu tahun. Tingkat risiko pada jenis reksa dana ini paling rendah, namun tingkat return juga tidak terlalu tinggi. Reksa dana pasar uang sangat cocok bagi Sobat Muda yang baru memulai berinvestasi di reksa dana. Mengapa demikian? Pembukaan rekening reksa dana pasar uang mulai dari Rp 100.000,- saja loh. Dengan MNC Dana Lancar atau MNC Dana Syariah Barokah yang merupakan salah satu contoh reksa dana pasar uang, Sobat Muda sudah dapat mulai berinvestasi dengan mudah melalui platform IPOTPAY. Daripada buat hangout terus, lebih baik Sobat Muda sisihkan sebagian penghasilan kita untuk memulai investasi reksa dana pasar uang.
2. Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)
Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana dengan tingkat risiko menengah yang alokasi investasinya sebagian besar atau sekitar 80% ditempatkan pada obligasi, baik obligasi pemerintah maupun obligasi swasta. Karakteristik dari reksa dana pendapatan tetap ini sangat cocok untuk sobat yang memiliki profil risiko moderat dan memiliki tujuan jangka menengah (1-3 tahun). Lalu bagaimana contoh produknya? Misalnya produk yang dimiliki oleh MNC Asset Management, seperti MNC Dana Likuid dan MNC Dana Syariah yang penempatan investasinya ke obligasi swasta. Namun demikian, ada juga produk reksa dana pendapatan tetap yang penempatan investasinya seluruhnya ke obligasi pemerintah, seperti produk MNC Dana SBN. Perlu diketahui juga bahwa produk MNC Dana Likuid pada tahun 2019 telah mendapatkan penghargaan sebagai reksa dana pendapatan tetap terbaik versi Majalah Investor-Infovesta. So, bagi Sobat Muda yang mau membuka reksa dana pendapatan tetap, bisa pilih MNC Dana Likuid yang sudah teruji.
3. Reksa Dana Campuran (Balance Fund)
Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang penempatan investasinya dialokasikan pada instrumen saham, obligasi, dan juga pasar uang. Tingkat risiko pada jenis reksa dana ini menengah. Jenis reksa dana ini cocok untuk sobat yang memiliki rencana jangka menengah (3-5 tahun). Biasanya proporsi penempatan dana ini tergantung dari masing masing Manajer Investasi, namun pada umumnya nilai aktiva bersih tidak melebihi 79% antara efek saham dan efek obligasi. Produk reksa dana campuran MNC Asset Management adalah MNC Dana Kombinasi Icon. Jenis reksa dana ini cocok buat Sobat Muda yang bertipe moderat agresif.
4. Reksa Dana Saham (Equity Fund)
Reksa dana saham adalah jenis reksa dana yang penempatan alokasi investasinya sekurang kurangnya 80% ditempatkan di efek saham. Sedangkan sisanya sekitar 20% ditempatkan di pasar uang atau jenis lainnya yang likuiditasnya setara dengan itu. Pada reksa dana saham, tingkat return yang diperoleh merupakan yang tertinggi diantara jenis reksa dana lainnya. Namun demikian, profil risiko juga tinggi, karena tingkat return dan tingkat risiko akan selalu berbanding lurus. Jenis reksa dana ini sangat cocok buat sobat yang bertipe agresif; tingkat return yang tinggi dengan risiko yang juga tinggi. Contoh dari produk reksa dana saham ini, misalnya MNC Dana Ekuitas dan MNC Dana Syariah Ekuitas
Nah, setelah tahu perbedaan jenis jenis reksa dana, sekarang saatnya memilih sesuai dengan perencanan keuangan dan karakteristik Sobat Muda. Menarik kan?
Oleh: MNC Asset Management

Sumber : MNC Asset Management

powered by: IPOTNEWS.COM