Tips Mengelola Keuangan di Usia Muda
Friday, March 22, 2019       19:02 WIB

Saat menginjak usia 20-an atau dalam kategori dewasa muda, kita biasanya mulai berpikir bagaimana mengatur keuangan pribadi dengan benar. Pada usia dewasa muda, kita akan dihadapkan dengan banyak peristiwa, salah satunya adalah mulai memiliki pekerjaan sehingga kita mempunyai pendapatan sendiri.
Jika tidak terbiasa mengelola keuangan dengan baik maka biasanya kita cenderung menghabiskan pemasukan atau malah merasa kekurangan setiap bulannya. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengelola keuangan pribadi sejak masih muda, sehingga kita terbiasa mengatur keuangan dengan baik.
Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan dalam mengelola keuangan kita.
Membuat perencanaan anggaran setiap bulan
Meski hal ini terlihat sederhana, namun pada kenyataannya tidak banyak orang yang membuat perencanaan anggaran dengan benar. Kita harus membuat anggaran pengeluaran serealistis mungkin. Setelah itu, anggaran pengeluaran yang kita buat harus diikuti dengan sikap disiplin sehingga perencanaan anggaran yang kita susun tidak sia-sia.
Membedakan antara prioritas dengan keinginan
Seringkali kita sulit untuk membedakan antara prioritas dan keinginan. Kita sering membeli suatu barang hanya karena keinginan semata, padahal kita dapat membeli barang sejenis dengan harga yang lebih murah. Kita harus membiasakan membeli barang sesuai dengan anggaran yang telah kita tentukan saat perencanaan keuangan. Hal ini akan menghindarkan kita dari sikap hidup yang konsumtif.
Usahakan tidak berutang
Seiring dengan bertambahnya pemasukan, biasanya tawaran untuk kredit akan terasa semakin menggiurkan. Mungkin kita merasa mampu membayar tagihan kredit, namun pembayaran melalui kredit akan menciptakan kebiasaan untuk berutang.
Mulai investasi
Kebanyakan dari kita selalu berpikir bahwa investasi akan membutuhkan modal yang besar. Sehingga investasi diperuntukan bagi orang-orang yang sudah bekerja, sudah mapan, dan memiliki penghasilan yang besar.
Berkebalikan dari pernyataan tersebut, investasi sebaiknya dimulai sejak kita masih sangat muda. Siapapun bisa berinvestasi dengan kemampuan keuangannya masing-masing. Meski dimulai dengan modal yang belum cukup besar, namun jika kita konsisten melakukan investasi hasilnya pasti akan terasa lebih memuaskan. Jadi, saat kita memiliki kelebihan uang cobalah untuk mulai melakukan investasi. Saat ini, hanya dengan minimum 100 ribu rupiah kita sudah dapat melakukan investasi, salah satunya di Reksa Dana Premier Pasar Uang II melalui IPOTPAY yang memberikan imbal hasil sampai dengan 7-9%.
Jika kita belum bisa menerima risiko investasi yang tinggi, kita dapat mulai melakukan investasi pada Reksa Dana Pasar Uang, karena underlying dari reksa dana ini adalah deposito dan obligasi dengan tenor di bawah satu tahun. Dan untuk memulai investasi di reksa dana pasar uang, kita dapat membeli Reksa Dana Premier Pasar Uang II yang dikelola oleh PT. Indo Premier Investment Management melalui IPOTPAY.
Oleh: PT Indo Premier Investment Management ( IPIM )

Sumber : IPIM

powered by: IPOTNEWS.COM