Tips Mengelola Uang di Tanggal Muda
Thursday, August 01, 2019       14:25 WIB

Wah tanggal muda nih, Sobat. Asik gajian tiba. Banyak dari kalian pasti sudah pada bikin  wishlist  kan. Kira-kira duit bulan ini mau diapain, ya?
Eitss..., tenang dulu, Sobat. Walaupun tanggal muda, kita harus tetap bijak dalam mengelola pengeluaran kita. Nih, kita kasih Sobat 5 tips untuk mengelola duit di tanggal muda. Simak baik-baik dan  cekidot :
 Pertama  dan paling utama, sisihkan terlebih dahulu untuk kewajiban membayar utang atau cicilan, misalnya cicilan kartu kredit, cicilan kendaraan, cicilan rumah, dll. Sebaiknya, maksimal 30% dari penghasilan kita untuk membayar cicilan tersebut. Namun, lebih bagus lagi, kalau sobat gak ada cicilan. Sebenarnya punya cicilan itu boleh-boleh saja asal untuk keperluan yang produktif, misalnya untuk modal usaha atau untuk membeli aset yang nilai jualnya naik terus seperti properti.
 Kedua , sisihkan 20% untuk berinvestasi. Pastikan investasikan duitmu pada instrumen yang tepat dan nilainya kompetitif terhadap nilai inflasi. Nah, ini nih yang sebenarnya berat  banget  bagi kita yaitu menyisihkan untuk tabungan. Tapi, demi masa depan, kita harus bertekad untuk menabung. Instrumen yang kita pilih pun nilai  return -nya harus bersaing dengan nilai inflasi, semisal reksa dana  fixed income  MNC Dana Lancar.
 Ketiga , sisihkan 5% untuk dana darurat. Yang ini penting juga, sobat. Hidup kita penuh risiko. Di saat risiko tersebut menghampiri kita,  mau ga  k   mau  kita harus siap dengan kemungkinan tersebut. Misalnya, tiba tiba kita jatuh sakit atau kena PHK. Nah, untuk meneruskan hidup, tentu saja kita perlu dana kan? Dana darurat inilah yang berperan pada kondisi tersebut.
 Keempat , sisihkan 35% untuk kebutuhan hidup. Kalau yang ini memang gak bisa ditawar lagi. Kita perlu ongkos transport kerja, makan siang, bayar kos, beli kuota, dll. Idealnya, dana yang dialokasikan maksimal 35% saja ya.
 Kelima , 10% dari sisa gaji boleh lah buat gaya hidup. Masa sih kita  ga  k  menghargai diri sendiri? Anggaran ini boleh dipakai buat  kongkow  sama temen, beli  sneaker  baru, atau untuk beli tiket konser artis idola kami. Sssttt..., tapi gak boleh lebih dari 10% dari gaji.
Nah, kira-kira begitulah tips mengatur duit saat tanggal muda. Jika rutin melakukannya, niscaya kita bisa meraih kebebasan finansial. So, tinggal  niatin  aja, pasti bisa kok. Semangat!
 Oleh: MNC Asset Management 

Sumber : MNC Asset Management

powered by: IPOTNEWS.COM