News & Research

Reader

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) akan terus melanjutkan transformasi digital pada bisnis segmen Usaha Kecil dan Menengah
Friday, November 12, 2021       09:05 WIB

Download PDF

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk () akan terus melanjutkan transformasi digital pada bisnis segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan segmen korporasi. Dua segmen ini saat ini masih beroperasi secara hybrid yakni konvensional yang dilayani dengan digital banking.
Setelah sukses mengembangkan bank digital lewat Jenius untuk pasar ritel yang sudah benar-benar tanpa cabang, dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi digital untuk bisnis small medium enterprise (SME).
Platform digital SME tersebut akan dikembangkan secara bertahap. Pengembangan tahap pertama direncanakan akan meluncur pada awal tahun 2022 dan saat ini masih dalam permohonan perizinan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Tahap pertama, perseroan akan mendigitalisasi proses bisnisnya atau semacam internet banking tetapi melalui aplikasi. Tahap kedua, mengembangkan fitur-fitur baru seperti fitur analitik untuk penyaluran kredit.
Tahap ketiga, akan mengembangkan SME App ini menjadi beyond banking untuk memberdayakan nasabah. Perseroan akan membantu bagaimana pelaku UMKM itu bisa mendapatkan alat untuk mengembangkan usahanya. Untuk tahapan ketiga tersebut, tidak bisa sendiri, tetapi harus berkolaborasi dengan pihak lain.
Sementara pada bisnis korporasi, saat ini masih fokus menyelesaikan integrasi core banking system antara perseroan dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI) sebagai bagi dari proses merger. Tahun depan, integrasi itu ditargetkan sudah rampung.

Sumber : IPS RESEARCH

powered by: IPOTNEWS.COM


Berita Terbaru