News & Research

Reader

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meningkatkan target ekspor batu bara pada tahun ini
Tuesday, September 14, 2021       09:17 WIB

Download PDF

PT Bukit Asam Tbk (), Badan Usaha Milik Negara sektor pertambangan batu bara, meningkatkan target ekspor batu bara pada tahun ini, selain menargetkan peningkatan produksi menjadi 30 juta ton dari sebelumnya ditargetkan sebesar 25 juta ton.
Manajemen , mengatakan peningkatan target ekspor batu bara ini dilakukan untuk memanfaatkan potensi naiknya harga batu bara saat ini. Porsi ekspor batu bara tahun ini ditargetkan naik menjadi 47% dari sebelumnya di kisaran 30%.
Manajemen menyebut, sejumlah pasar ekspor baru tengah dijajaki perusahaan, seperti Filipina dan Vietnam. Namun demikian, menurutnya ekspor ke China juga berpotensi masih akan meningkat seiring dengan adanya konflik antara China dan Australia.
Selain kenaikan harga batu bara, manajemen juga pernah mengatakan kinerja sampai saat ini tetap positif didukung pula oleh ekspor hingga pergerakan dolar yang stabil. Menurut manajemen, harga dolar stabil berada di kisaran Rp 14.000 hingga Rp 14.600 per US$. Ini mendukung karena volatilitas dolar, sehingga bisa manfaatkan hal itu dan mendukung penjualan.
Kinerja sepanjang semester pertama memang positif, terbukti dari produksi mencapai 13,3 juta naik dibanding semester yang sama tahun lalu yang sebesar 11,9 juta ton. Penjualan juga meningkat, hingga semester pertama mencapai 12,9 juta ton naik 3% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya 12,5 juta ton.

Sumber : IPS RESEARCH

powered by: IPOTNEWS.COM