Begini Cara Efektif Mengelola Keuangan Pribadi
Monday, October 28, 2019       14:25 WIB

Setiap orang pasti memiliki banyak rencana dalam kehidupannya. Rencana-rencana tersebut berbeda-untuk setiap orang. Ada yang ingin menikah di usia 25 tahun, ada yang ingin memiliki rumah di usia 30 tahun, ada yang ingin memiliki usaha sendiri pada usia 28 tahun, ada juga yang ingin jalan-jalan ke luar negeri setiap tahun, dan sebagainya.
Tentunya setiap rencana tersebut wajib dipersiapkan dengan baik terutama dari segi finansial. Pendapatan yang pertumbuhannya terkadang tak sebanding dengan laju kenaikan biaya hidup akan menjadi masalah, apabila tidak lihai dalam mengelola keuangannya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk cerdas dalam mengelola keuangan.
Cerdas dalam mengelola keuangan berarti dapat mengerti dan memahami  cashflow management  diri sendiri.  Cashflow management  adalah pengaturan sejumlah uang yang masuk dan keluar sebagai akibat pada periode tertentu.
Cara untuk mengetahui  cashflow  adalah dengan cara mencatat segala pendapatan dan pengeluaran. Agar tidak menjadi kegiatan yang merepotkan, catatan ini dapat kita simplifikasi dengan bantuan aplikasi pencatatan keuangan.
Saat ini sudah banyak aplikasi gratis yang berkaitan dengan pencatatan  cashflow  pribadi. Tugas saat ini adalah meng install  salah satu aplikasi tersebut.
Setelah aplikasi pencatatan keuangan dipilih, yang harus diperhatikan berikutnya adalah pembuatan kategori pengeluaran dan pendapatan agar mempermudah membaca laporan keuangan setiap periode tertentu.
Misalnya pada kategori pengeluaran dibuat pos-pos khusus yang dapat dikelompokkan dengan mudah, misalnya pos pengeluaran untuk investasi, kemudian pos pengeluaran untuk makanan, sewa rumah, listrik, transportasi, dan lain-lain. Begitu pula pada sektor pendapatan, dapat dikategorikan berdasarkan sumbernya, misalnya gaji, bonus ataupun  return  reksa dana.
Dengan adanya kategori tersebut maka kita dapat me review  dengan mudah proporsi pengeluaran maupun pendapatan.  Report  pada aplikasi tersebut dapat dijadikan acuan dalam penilaian dan evaluasi  cashflow management  pribadi: apakah harus mengerem pengeluaran ataupun harus menambah investasi.
Jika tren  cashflow management  kurang ideal dalam pos investasi, maka sebaiknya mencoba reksa dana pasar uang MNC Dana Lancar yang dapat dimulai dengan Rp100.000 saja. MNC Dana Lancar milik MNC Asset Management memberikan tingkat pengembalian menarik dengan risiko serendah mungkin, serta tetap mempertahankan nilai modal investasi dan menjaga kestabilan likuiditas. (*)

Sumber : MNC Asset Management

powered by: IPOTNEWS.COM


Berita Terbaru

Tuesday, Jan 28, 2020 - 10:20 WIB
IHSG Tertekan Entry Point ke ETF, Berikut Sejumlah Pilihannya...
Tuesday, Jan 28, 2020 - 10:14 WIB
Punya aset Rp 56,8 triliun, Lippo Karawaci (LPKR) jadi raja properti
Tuesday, Jan 28, 2020 - 10:02 WIB
Chandra Asri Tawarkan Obligasi Rp 750 Miliar
Tuesday, Jan 28, 2020 - 09:36 WIB
Integrasikan Investasi Riil dan Portofolio, BEI Gandeng BKPM
Tuesday, Jan 28, 2020 - 09:33 WIB
Seluruh Sektor Merah, IHSG Melemah 0,85% di Pembukaan
Tuesday, Jan 28, 2020 - 09:23 WIB
Technical Analisis : XISC : Buy
Tuesday, Jan 28, 2020 - 09:23 WIB
Technical Analisis : XIJI : Buy
Tuesday, Jan 28, 2020 - 09:22 WIB
Target Price UNTR
Tuesday, Jan 28, 2020 - 09:21 WIB
Technical Analisis : XIIF : Buy
Tuesday, Jan 28, 2020 - 09:19 WIB
Technical Analisis : Indofood CBP Sukses Makmur : Buy