Investasi Sejak Usia Muda, Persiapan di Kala Senja
Thursday, July 04, 2019       16:32 WIB

Sebagai anak muda (milenial) kekinian yang baru memasuki dunia kerja, ada kalanya tiba-tiba muncul banyak keinginan. Mulai untuk beli barang-barang impian, piknik ke lokasi yang  instagramable , nonton sama  doi , nongkrong di kafe, hingga  hang-out  bersama teman-teman.
Begitu uang gajian sudah masuk ke rekening, bermacam-macam keinginan lain pun bermunculan. Meski keinginan-keinginan itu lumrah, untuk  refreshing  dan memuaskan keinginan diri, tetapi pengeluaran harus tetap dianggarkan. Jangan sampai menjadi rutin, gaji bulanan terus tergerus untuk memenuhi keinginan-keinginan yang sifatnya sesaat.
Ingat. Kita  nggak  selamanya muda. Seiring bertambahnya usia, ada banyak keinginan dan kebutuhan yang membutuhkan ekstra keuangan. Oleh sebab itu, kita wajib mempersiapkan masa depan atau masa senja dengan bijak sejak hari ini juga.
 Kepikiran   nggak sih  kalau nanti sudah pensiun, kita ingin punya uang berapa banyak dan apa yang akan dilakukan? Makanya mumpung masih muda,  yuk  kita persiapkan hal-hal di bawah ini untuk hidup di masa senja yang lebih baik:
Jangan hanya sekadar menabung, tetapi berinvestasilah
Ada peribahasa yang mengatakan "Muda Menabung, Tua Beruntung". Akan tetapi sudah bukan rahasia lagi bahwa inflasi merupakan momok yang akan selalu mengganggu nilai uang saat ini dan di masa depan. Inflasi membuat nilai uang terus menurun. Oleh sebab itu, menyimpan nilai uang saat ini untuk digunakan di masa depan tidak cukup dengan menabung di tabungan konvensional.
Agar  value  uang saat ini tetap terjaga hingga puluhan tahun mendatang, berinvestasilah pada instrumen yang memberikan  return  setidaknya sama atau malah melebihi nilai inflasi. Misalnya, menabung di reksa dana pasar uang MNC Dana Lancar yang dapat dibeli di aplikasi IPOTPAY.
Mulai dari sekarang dan konsisten
Banyak dari kita yang sangat setuju bahwa investasi merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan nilai uang saat ini agar nilainya tidak turun di masa depan. Tetapi, berapa banyak sih investasi yang perlu dilakukan dan bagaimana memulainya?  So , mulai lah dari sekarang. Walaupun jumlahnya kecil tapi jika konsisten melakukannya, maka niscaya hal ini akan menjadi  habbit  positif bagi kita.
Memulai Bisnis Pribadi
Jack Ma, pendiri Alibaba pernah berkata bahwa usia 20-an adalah saatnya belajar mengerti proses bisnis dan memulai bisnis yang sesuai dengan  passion . Oleh sebab itu, temukan apa  passion -mu dan jadikan  passion -mu itu bisnis bagi kamu. Misalnya kamu memiliki hobi fotografi, mulailah mempelajari bagaimana menjadi fotografer profesional dan bagaimana memulai usaha yang bergerak dalam bidang fotografi.
Beruntunglah kita pada zaman ini banyak tutorial yang bisa kita pelajari dari internet. Sembari belajar, kita juga dapat mengumpulkan modal usaha melalui investasi reksa dana pasar uang. Jika kita dapat memulai bisnis selagi muda maka tidak menutup kemungkinan kita dapat pensiun dini dan menikmati hari tua dengan nyaman dan tenang.
Jaga Pola Hidup Sehat
Jika kita sudah mempersiapkan 3 hal di atas, tetapi di masa senja kita sudah tidak berdaya apalah artinya semua itu. Kesehatan itu mahal harganya. Oleh sebab itu, kita harus menjaga fisik tubuh kita dengan menjaga pola hidup sehat, diantaranya makan asupan yang bergizi dan seimbang, berolahraga secara teratur, menjaga pikiran agar tetap positif dan bebas stres, serta menjaga pola istirahat yang benar. Captain America di Film Avenger: Endgame saja pada akhirnya tua juga kan? Padahal, dia itu tentara super lho. Apalagi kita yang manusia biasa,  so  selamat mencoba ya!
Sumber : MNC Asset Management

powered by: IPOTNEWS.COM


Berita Terbaru

Saturday, Jul 20, 2019 - 17:12 WIB
Sistem Eror, Bank Mandiri Pastikan Saldo Nasabah Aman
Saturday, Jul 20, 2019 - 13:58 WIB
PT Phapros Siap Terbitkan Saham Baru
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:59 WIB
Tindak Tegas Suku Bunga Tinggi Rentenir, Pemerintah Butuh Payung Hukum Baru
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:52 WIB
Jasa Marga Terbitkan Sukuk Ijarah Perdana di Jalan Tol Senilai Rp785 Miliar
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:39 WIB
Greenback Pulih Setelah The Fed Merevisi Komentar
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:22 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 FOOD
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:18 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 MKNT
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:13 WIB
Hasil RUPS JUNI 2019 YELO
Saturday, Jul 20, 2019 - 10:00 WIB
MDKA Raih Dana Segar Rp875 M dari Rights Issue
Saturday, Jul 20, 2019 - 09:58 WIB
Saat harga emas pecahkan rekor, belum tentu investornya sudah untung