Waspadai Jebakan Brand Ketika Membeli Barang-barang Ini
Monday, October 28, 2019       13:32 WIB

Di era internet saat ini, semua akses informasi dapat dengan mudah didapatkan. Hal ini memicu para produsen produk untuk aktif berpromosi dengan cara-cara yang semakin menarik. Maraknya media sosial dan semakin menjamurnya  selebgram  memicu para produsen untuk memasarkan produk mereka melalui metode " paid promote " kepada para artis maupun selebgram atau  youtuber  yang  follower nya puluhan ribu, ratusan ribu bahkan jutaan. Tak jarang, para figur publik di dunia maya tersebut memamerkan barang-barang yang "wah" dengan merek-merek mendunia.
Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang 'meracuni' gaya hidup masyarakat  zaman   now  sehingga disadari atau tidak, sebagian dari kita akan terdorong untuk membeli barang-barang tertentu berdasarkan mereknya terlebih dahulu. Berikut adalah barang-barang yang biasanya dibeli berdasarkan merek.
Handphone
Dewasa ini  gadget  bukan hanya berperan sebagai alat komunikasi saja, akan tetapi juga menjadi penanda status sosial. Tak heran, seseorang akan memilih  brand  tertentu sebelum memutuskan untuk membeli  gadget . Padahal jika dipikir-pikir, dengan fitur dan spesifikasi yang relatif mirip, harga antar suatu  brand  dengan  brand  lainnya bisa sangat jauh berbeda. Tetapi, banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli  brand  tertentu agar terkesan "mewah". Sebaiknya, jika kita lebih mengutamakan fungsi  gadget  maka perihal  brand  bukanlah suatu prioritas utama, tetapi lebih kepada fitur yang baik.
Kendaraan
Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat Indonesia ketika membeli sebuah kendaraan memprioritaskan harga jual kembali sehingga pertimbangan pertama dan utama dalam membeli kendaraan adalah merek. Pola pikir yang demikian sudah lama mengakar pada masyarakat kita, sehingga merek yang sudah terkenal dan menjadi pemimpin pasar akan menjadi pilihan utama.
Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun jika ada spesifikasi kendaraan yang mirip pada beberapa merek, seharusnya bisa menjadi pertimbangan dalam membeli kendaraan. Jangan selalu terpatri pilihan pada suatu merek, karena bisa jadi merek lain juga memiliki keunggulan serupa dengan harga yang relatif lebih rendah. Dengan mempertimbangkan beberapa merek dengan kualitas serupa maka kita berkesempatan untuk menghemat pengeluaran.
Fesyen
Tuntutan barang  branded  pada sektor fesyen merupakan salah satu gaya hidup yang menghantui anak-anak generasi millenial dan generasi z. Bagaimana tidak, segala jenis fesyen mulai dari pakaian, jam tangan, sepatu, tas dan lain-lain dapat dengan mudah ditemukan di  online shop , iklan  youtube , iklan pada aplikasi gratis maupun yang sering dipamerkan oleh para seleb dunia maya.
Meskipun gempuran  brand  -brand  mewah banyak bertebaran di sekitar kita, namun sebaiknya kita tetap mawas diri apakah kita mampu untuk membeli fesyen mahal tersebut. Fesyen yang keren dan bagus tidak selalu harus bermerek mahal. Yang penting pakaian digunakan dengan  outfit  yang pas sesuai dengan momen. Salah satu pengusaha sukses, Bob Sadino pernah berkata "Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu". Jika memang anggaran fesyen kita belum mencukupi, jangan paksakan untuk membeli barang  branded . Ingat bahwa keren tidak sama dengan mahal.
Ketiga kategori barang tersebut biasanya menuntut kita untuk memilih mereknya terlebih dahulu. So, jangan terjebak dan jangan lupa untuk memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan dan jangan sampai keinginan tersebut merampas anggaran investasi. Tetap sisihkan investasi reksa dana hanya di aplikasi IPOTPAY dengan pilih produk MNC Dana Lancar. MNC Dana Lancar milik MNC Asset Management memberikan tingkat pengembalian menarik dengan risiko serendah mungkin, serta tetap mempertahankan nilai modal investasi dan menjaga kestabilan likuiditas

Sumber : MNC Asset Management

powered by: IPOTNEWS.COM


Berita Terbaru

Tuesday, Jan 28, 2020 - 11:18 WIB
BPS Rombak Metodologi Pengukuran Inflasi Dan NTP
Tuesday, Jan 28, 2020 - 11:16 WIB
Target Price LPKR
Tuesday, Jan 28, 2020 - 11:16 WIB
Target Price PWON
Tuesday, Jan 28, 2020 - 11:15 WIB
Target Price RALS
Tuesday, Jan 28, 2020 - 11:14 WIB
Target Price SMGR
Tuesday, Jan 28, 2020 - 11:07 WIB
Nilai Investasi KRAS di Proyek HSM#2 Mencapai USD515,6 Juta
Tuesday, Jan 28, 2020 - 11:04 WIB
PRDA Siapkan Capex Rp350 Miliar untuk Danai Ekspansi
Tuesday, Jan 28, 2020 - 10:53 WIB
Refinancing, Garuda akan Terbitkan Sukuk Global Rp 6,8 T
Tuesday, Jan 28, 2020 - 10:51 WIB
Kena Tsunami Baja Impor, Krakatau Steel Pangkas 3.500 Pekerja
Tuesday, Jan 28, 2020 - 10:20 WIB
IHSG Tertekan Entry Point ke ETF, Berikut Sejumlah Pilihannya...