GoTo Tambah 4 Komisaris Baru, Agus Marto hingga Patrick Walujo
Wednesday, February 08, 2023       17:30 WIB

Jakarta, detikfinance - Perusahaan teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk () mengajukan empat nama komisaris yang baru untuk menambah jajaran kepemimpinan perusahaan yang lebih kuat. Hal ini demi meningkatkan tata kelola perusahaan dan mendorong bisnis GoTo menuju profit.
Keempat nama tersebut yakni Gubernur Bank Indonesia 2013-2018 dan Menteri Keuangan periode 2010-2013 Agus D. W. Martowardojo, Co-founder dan Managing Partner Northstar Group Patrick Sugito Walujo, anggota direksi Logitech Marjorie Lao, dan founding partner Provident Winato Kartono.
Nama-nama ini akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 2 Maret 2023, dengan agenda di antaranya pengajuan perubahan jajaran Dewan Komisaris, Direksi, serta penunjukan Komisaris Independen baru.
Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), undangan RUPSLB itu disampaikan kepada publik hari ini, Rabu (8/2) dan dapat diakses melalui laman BEI serta situs resmi .
Dalam pengumuman tersebut, Komisaris & Co-Founder GoTo Kevin Aluwi juga akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Komisaris GoTo. Tapi, ia tetap menjadi pemegang saham dengan hak suara multipel (SDHSM).
Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo mengatakan sebuah kehormatan bagi perusahaan menyambut pencalonan Agus Martowardojo sebagai Komisaris GoTo.
"Bapak Agus adalah sosok yang tidak asing lagi bagi kami, setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Tokopedia," kata Andre dalam keterangan tertulis, Rabu (8/2/2023).
"Wawasan dan pengalaman Bapak Agus yang begitu luas sebagai pemimpin yang andal dan dihormati di sektor swasta serta rekam jejak yang teruji selama masa kepemimpinannya di Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, akan sangat berharga dalam memandu GoTo melangkah menuju fase selanjutnya, yakni membawa bisnis kami menuju profitabilitas," urainya.
Andre menyampaikan dirinya juga merasa bangga bisa menyambut pencalonan Marjorie, Patrick dan Winato ke Dewan Komisaris GoTo.
"Saya juga bangga menyambut pencalonan Marjorie, Patrick, dan Winato bergabung ke dalam Dewan Komisaris GoTo. Pencalonan mereka untuk bergabung bersama GoTo membuktikan komitmen perseroan untuk membangun perusahaan yang diperkaya dengan wawasan dan keahlian yang beragam, termasuk dari para pemegang saham kami, agar GoTo dapat terus menjalankan strateginya mendorong pertumbuhan dan efisiensi," paparnya.
Andre memberikan apresiasi kepada Kevin yang secara signifikan telah mendukung GoTo. Ia pun mengatakan akan terus bekerja sama dengan Kevin untuk mencapai misi serta tujuan jangka panjang perseroan.
"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan yang signifikan dari Kevin dan akan terus bekerja sama dengan beliau sebagai pemegang SDHSM GoTo, untuk mencapai misi serta tujuan jangka panjang perseroan," tuturnya.
Dengan demikian, jumlah komisaris akan menjadi 9 orang dengan Komisaris Utama Garibaldi Thohir, Komisaris dan Co-founder William Tanuwijaya, serta komisaris lain yakni Wishnutama Kusubandio, Dirk Van den Berghe (Komisaris Independen) dan Robert Holmes Swan (Komisaris Independen).
Direksi Baru
Di sisi lain, GoTo juga menominasikan dua kandidat untuk direksi yakni Pablo Malay sebagai Direktur/Chief Corporate Officer yang akan mengawasi fungsi-fungsi corporate development, partnership, dan legal. Satu calon direksi lagi yakni Nila Marita, sebagai Direktur/Head of External Affairs yang akan mengawasi fungsi-fungsi corporate affairs serta public policy and government relations.
Sementara itu, Anthony Wijaya yang sebelumnya menjabat Direktur/Head of Marketplace akan fokus pada strategi e-commerce GoTo sebagai Chief Operating Officer Tokopedia.
Berdasarkan keterangan resmi GoTo disebutkan Agus Marto memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang perbankan dan keuangan. Sebelumnya, Agus menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk () pada tahun 2005-2010, dan Menteri Keuangan periode 2010-2013.
Pada 2012, Agus mendapat penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik oleh The Banker dan kemudian menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada 2013-2018.
Sementara itu, Marjorie Lao memiliki pengalaman luas dalam bidang keuangan perusahaan, setelah pernah menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) LEGO Group dan sejumlah jabatan kepemimpinan di Cisco Systems, Inc., McKinsey & Company, dan The Procter & Gamble Company. Marjorie adalah anggota Direksi Logitech dan anggota Dewan Penasihat Eropa di Harvard Business School.
Patrick Walujo adalah Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group, yang didirikan pada 2003 dan kini telah menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka Indonesia. Patrick mengawali kariernya di Goldman Sachs London dan New York, dan merupakan mantan Senior Vice President di Pacific Century Ventures, Tokyo.
Sementara itu, Winato Kartono adalah founding partner Provident, dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di sektor perbankan dan pengelolaan bisnis. Winato mengawali kariernya di Bank Sumitomo Niaga, kemudian beralih ke Arthur Andersen Indonesia, sebelum bergabung ke Citigroup. Di Citigroup, Winato membangun kariernya selama 8 tahun hingga menjabat Head of Investment Banking di Indonesia.
(prf/ega)

Sumber : DETIK FINANCE

berita terbaru
Saturday, Apr 01, 2023 - 16:04 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of MERK
Saturday, Apr 01, 2023 - 16:00 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of RICY
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:56 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of SMMA
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:52 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of RUIS
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:49 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of RMKE
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:45 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of PTIS
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:41 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of PRIM
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:33 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of MEDC
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:29 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of PCAR
Saturday, Apr 01, 2023 - 15:26 WIB
Financial Statements Full Year 2022 of NASI