Proyeksi Kemenangan Biden Picu Arus Masuk Dana ke ETF Emerging Market, Terbesar Sejak Januari
Tuesday, November 10, 2020       15:05 WIB

Ipotnews-Prospek kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden AS mengangkat harga saham, mata uang dan obligasi  emerging market  (EM) .  Seiring dengan itu, investor global juga mengalirkan dananya ke reksadana yang diperdagangkan di bursa (ETF) berbasis asetEM, dengan nilai tertinggi dalam 10 bulan.
Menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg, produk ETF yang terdaftar di AS, yang berinvestasi di aset negara-negara berkembang, serta yang menargetkan negara-negara tertentu menerima arus masuk dana bersih senilai USD2,36 miliar pada akhir pekan lalu.
Jumlah tersebut berlawanan arah dengan arus keluar senilai USD101,3 juta yang terjadi pada pekan sebelumnya. Sekaligus merupakan arus masuk mingguan terbesar sejak 17 Januari, yangmembantu memangkas arus keluar sejak awal tahun ( year-to-date ) menjadi USD10,4 miliar.

Arus masuk dipimpin oleh ETF saham EM terbesar kedua, ETF iShares Core MSCI Emerging Markets ( IEMG ) bernilai USD58,9 miliar, yang menerima USD932 juta, terbesar daklam sepekan sejak Desember tahun lalu.
Kontribusi besar lainnya datang dari ETF obligasi; iShares JP Morgan USD Emerging Markets Bond (EMB) bernilai USD18,3 miliar, yang membukukan aliran masuk USD768 juta, terbesar sejak Juni.
Di tingkat negara, penerima manfaat terbesar adalah China, yang memiliki bobot terbesar di dalam reksadana teratas. Aset-aset negara itu juga mendapatkan dana melalui KraneShares CSI China Internet ETF ( KWEB ) bernilai USD3,8 miliar, yang menerima USD189 juta, terbesar sejak Januari.
Berikut adalah tabel yang merinci arus bersih untuk ETF EM dalam dolar AS. Data tersebut mencakup alokasi tertimbang kepemilikan dari reksadana multi-negara, serta reksadana khusus negara (dalam jutaan USD kecuali dinyatakan lain):


Sumber : Admin